Tugas Tim Artistik Pagelaran Tari

Sanggar Model - Tim artistik dalam pertunjukan seni tari mempunyai peran penting sebagai pencipta suasana. Tim ini pada dasarnya mempunyai tugas sebagai kreator dalam memunculkan dan menguatkan suasana pertunjukkan menjadi senang, sedih, ceria, suram, sendu, seram, dan lain lain-lain. Tim artistik itu sendiri terdiri dari beberapa unsur yang memiliki tugas dan fungsi berbeda-beda.


Berikut ini merupakan tugas dari masing-masing unsur tim artistik pagelaran tari:

1. Tugas Sutradara/Konseptor sebagai Tim Artistik Pagelaran Tari

Sutradara/konseptor, bertugas sebagai pembuat konsep pertunjukan dan mengatur alur atau laku dari sebuah pertunjukan. Sutradara atau konseptor juga berperan dalam memilih repetoar yang ingin dipentaskan mengatur emosi yang ingin disampaikan kepada seluruh pemain dan juga penonton.

2. Tugas Pimpinan Artistik Tim Pagelaran Tari

Pimpinan artistik, merupakan pimpinan yang bertindak dan bertanggung jawab atas karya seni yang diproduksikan. Tanggung jawab artistik karya, performa penyajian hingga tata urut pementasan agar dapat menyajikan urutan pementasan yang harmonis adalah menjadi tanggung jawab pimpinan artistik.

3. Tugas Stage Manager Tim Pagelaran Tari

Stage manager, adalah orang yang mengoordinasi seluruh bagian yang ada di panggung. Tugas dan tanggung jawab stage manager dan staf panggung adalah mengatur urutan pementasan berdasarkan adyis arahan pimpinan artistik serta mengakumulasi berbagai kebutuhan mulai dari alat-alat musik yang digunakan pementasan hingga bagaimana setting, pencahayaan, musik dan efek musik serta berbagai kebutuhan lain yang diminta pimpinan produksi atau penyaji karya seni dalam suatu produksi pementasan.

4. Tugas Penata Properti Tim Pagelaran Tari

Penata properti dan panggung Penata properti dan kru bertanggung jawab langsung kepada pimpinan artistik, namun secara hierarki masih sama dengan staf lain di lingkungan artistik, yakni melaporankan kejadian dan layanan pemesanan yang diminta penyaji karya seni dan prasaran penata artistik berdasarkan pada saat kebutuhan alat diminta oleh kedua belah pihak. Beban tanggung jawab dan tugas penata properti menjadi layanan pemenuhan kepada penyaji karya seni dan tuntutan artistik garapan berdasarkan prasaran dari pimpinan artistik. Sukses dan artistiknya pementasan karya seni yang dipergelarkan kebutuhan properti yang diharapkan penyaji dan pimpinan artistik diberikan sepenuhnya atau layanan purna lengkap kepada kedua belah pihak.

5. Tugas Tim Penata Cahaya Pagelaran Tari

Penata cahaya, bertanggung jawab langsung kepada pimpinan artistik. Namun secara hierarki laporan kejadian berdasarkan prasaran penyaji karya seni tanggung jawab penata cahaya secara tidak langsung bertanggung jawab kepada pimpinan panggung dan penyaji. Beban tanggung jawab dan tugas penata cahaya adalah menjadi sumber sukses dan artistiknya pementasan karya seni yang. dipergelarkan. Masalah pencahayaan, terang-padamnya lampu, serta cara mengatasi apabila terjadi kecelakaan matinya lampu.

6. Tugas Tim Penata Rias dan Busana Pagelaran Tari

Penata rias dan busana Penata rias adalah orang yang mempunyai tugas atau tanggung jawab merias pemain. Proses merias ini dimulai dari mendesain atau merancang tata rias sampai dengan menerapkan tata rias tersebut pada pemain sesuai dengan hasil kesepakatan dengan sutradara atau konseptor pertunjukan. Penata rias bisa dibantu oleh crew atau asisten, tetapi tanggung jawab sepenuhnya berada pada penata rias.

7. Tugas Tim Penata Suara Pagelaran Tari

Penata suara, adalah orang yang mempunyai tugas atau tanggung jawab mengatur suara atau bunyi selama pertunjukan berlangsung. Proses kerjanya dimulai dari mendesain atau merancang tata suara sampai dengan mengatur suara atau bunyi tersebut mempunyai kualitas suara yang baik.

8. Tugas Tim Penata Musik dan Sound Pagelaran Tari

Penata musik dan sound, bertanggung jawab langsung kepada pimpinan artistik, namun secara hierarki mati hidup, keras-lembut, jemih-paraunya musik dan sound harus dilaporkan kepada pimpinan panggung untuk konsolidasi, serta bahan laporan kepada penyaji karya seni yang dipergelarkan. Kewajiabannya adalah memberikan layanan kepuasan atas kualitas musik dan sound pada saat pementasan karya seni yang berlangsung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Tim Artistik Pagelaran Tari"

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi dan bantu kami untuk menjadi lebih baik dengan komentar anda yang santun