9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Cara Mengisi Lembar Jawaban Komputer MTs N Babakan

Lembar Jawab Komputer atau biasa disingkat dengan LJK merupakan media bagi peserta didik untuk menjawab soal (biasanya berbentuk pilihan ganda) yang kemudian dipindai menggunakan sceaner. Keberadaan LJK sangat membantu dan mempermudah kerja korektor sehingga lebih cepat.


Di MTs Negeri Model Babakan sendiri sudah menggunakan LJK sebagi media dalam Ulangan Blok 1, Ulangan Blok 2 (Ulangan Tengah Semester-UTS), Ulangan Blok 3, dan Ulangan Blok 4 (Ulangan Akhir Semester-UAS atau Ulangan Kenaikan Kelas-UKK).

Tips Mengisi Lembar Jawab Komputer

Untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan pada saat mengisi LJK, kami coba sajikan artikel tentang cara mengisi LJK dengan tepat. Berikut ini kami uraikan tips mengisi LJK yang baik:

Minta Ganti LJK Jika mendapati kondisi yang kurang baik.

Ketidaksesuaian bentuk LJK akan berpengaruh pada hasil scan sehingga ketika dikoreksi jawabannya akan berbeda dengan yang diharapkan. Sebab, kata kunci dalam mengisi LJK adalah ketepatan Titik Koordinat yang diarsir. Jika kondisi LJK sudah tidak baik, maka sebaik apapun jawaban dan arsirannya, tetap akan meleset ketika discan.

Gunakan Pinsil khusus untuk mengisi atau mengarsir LJK.

Pinsil ini biasanya bertipe 2B dan bisa didapatkan di toko-toko alat tulis. Meski sebenarnya mengarsir LJK bisa menggunakan Ballpoint dan tetap akan terscan, namun mempunyai kendala jika ternyata berubah pikiran untuk mengganti jawaban. Jelas, tidak bisa dihapus.

Arsir Area dengan tepat dan penuh

Arsir penuh pada bagian-bagian LJK sesuai titik koordinatnya dengan rapi dan ketebalan yang sesuai. Tips ini bertujuan agar proses sceaner mendapatkan hasil yang baik. Hal ini juga berkaitan dengan jenis pinsil yang digunakan, diharapkan mempunyai kualitas baik dan bersih (tidak meninggalkan kotoran).

Gunakan alas yang rata dan halus.

Tips ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakanpada LJK. Selain itu, jika alas yang digunakan halus dan rata, maka dijamin akan menimbulkan kenyamanan pada saat mengarsir LJK.

Pengisian paket disesuaikan dengan jenis soal yang kita dapatkan.

Bagi soal yang hanya ada satu jenis, maka pada kolom paket diarsir bagian "A" atau tidak ditulis sama sekali (kosong).

Tips ini dibuat berdasar konsep dan pengalaman yang telah dilaksanakan pada MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Tegal. Demikian tips mengisi Lembar Jawab Komputer dengan tepat. Semoga bermanfaat.

Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

Posting Komentar