Absensi Sidik Jari MTs N Babakan

Rapat Pembinaan Guru dan Staff TU MTs N Babakan
(05 Nopember 2012)

Salah satu indikator baik tidaknya kinerja guru dapat dilihat dari kehadirannya di tempat mengajar. Untuk memantaunya, biasanya digunakan daftar presensi atau absensi guru. Di MTs Negeri Babakan, telah dilaksanakan absen menggunakan alat elektronik.

Absensi sidik jari elektronik ini sudah dimulai sejak tahun 2011 sebagai upaya sosialisasi dan tahun 2012 sebagai realisasinya. Pada masa sosialisasi Guru dan Staff Tata Usaha menggunakan dua tipe absensi, yaitu sidik jari elektronik dan manual menggunakan tanda tangan atau paraf. Namun, pada tahun ajaran 2012 - 2013 pelaksanaanya hanya menggunakan satu jenis presensi, yaitu absensi elektrik menggunakan sidik jari.

Pelaksanaan satu jenis absensi, yaitu sistem elektrik pada sidik jari, ditetapkan agar tidak ada upaya "meremehkan" absen. Jika tetap menggunakan absensi manual, beresiko lebih besar diisi dengan cara "dirapel" atau mengisi sekaligus sehingga sering terjadi ketidaksesuaian antara kondisi riil kehadiran dengan data absensinya. Dengan kata lain, sistem absensi menggunakan mesin pemindai sidik jari elektornik menjadi sistem tunggal yang akan menjadi bukti autentik kehadiran guru dan Staff TU.

Bukti autentik ini akan dilaporkan pada Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Agama Kantor Wilayah Propinsi Jawa Tengah. Bukti ini akan digunakan sebagai dasar pencairan "Uang Makan" bagi karyawan di Lingkungan Kementerian Agama.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Bapak Drs. H. Wahidin selaku Kepala Madrasah MTs N Babakan dalam Rapat Pembinaan Guru dan Staff TU yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 05 Nopember 2012. Dalam pertemuan itu juga disampaikan dan ditegaskan oleh Kepala MTs N Babakan tentang:
  1. Pelaksanaan Tadarus Al-Qur`an di kelas pada pagi hari
  2. Penggunaan Seragam sesuai dengan kesepakatan
  3. Rencana Pelaksanaan Studi banding di Paret Pondok Gontor untuk melihat dan belajar penerapan conversesion bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  4. Administrasi pembelajaran
  5. Rencana pelaksanaan Studi Tour kelas Delapan
  6. Persiapan mengikuti Porseni Tingkat Kabupaten Tegal yang akan dilaksanakan mulai tanggal 11 Desember 2012
  7. Persiapan pelaksanaan Lomba Marching Band tanggal 11-12 Januari 2013.
Ditambahkan pula oleh Bapak Ngadiman, M.P.d. Selaku Wakil Kepala urusan Kurikulum tentang persiapan pelaksanaan Ulangan Akhir Semester Gasal Tahun Ajaran 2012-2013. Selain itu juga beliau mengharapkan bagi setiap guru untuk mengisi Jurnal Mengajar setiap kali melakukan proses pembelajaran. Beliau juga menyampaikan rencana pelaksanaan Try Out Ujian Nasional secara mandiri.

Semoga program-program yang disampaikan tersebut bisa terealisasi dan bermanfaat bagi progres MTs N Babakan. Amien...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Absensi Sidik Jari MTs N Babakan"

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi dan bantu kami untuk menjadi lebih baik dengan komentar anda yang santun