Senin, 22 Oktober 2012

Mencari Bentuk Akord Gitar

MENCARI BENTUK AKORD GITAR

Postingan ini merupakan bagian dari materi pembelajaran Instrumen (Alat) Musik Gitar yang dipublikasikan sebelumnya. Pada materi tersebut dibahas mengenai karakteristik alat musik Gitar, Jenis - jenis Gitar, dan Bagian - bagian Gitar, serta Memainkan Akord Gitar. Pada bagian Memainkan Akord Gitar sudah disebutkan beberapa bentuk dan gambar akord, diantaranya: C, G, Am, Em, F, dan Dm.

Spesifikasi materi pada postingan ini adalah tentang "akord" yang mempunyai pengertian (kira - kira) gabungan beberapa nada jika dimainkan akan menghasilkan suara yang harmonis. Akord di Indonesia sering disalah artikan dengan istilah kunci. Padahal, dalam teori musik, kunci merupakan pedoman penulisan notasi. Sedangkan akord digunakan untuk mengiringi lagu.

Menurut cara memainkannya, akord dibedakan menjadi Dua, yaitu:
  1. Akord Harmonik, dihasilkan dari beberapa nada yang dimainkan secara bersamaan.
  2. Akord Patah - Patah (Broken Accord), dihasilkan dari beberapa nada yang dimainkan satu per satu.

Akord yang biasa digunakan untuk mengiringi lagu-pun berbeda-beda, diantaranya: Akord Mayor, Akord Minor, Akord Augmented, Akord Diminished, Akord Minor 6, Akord Mayor 7, Akord Dominan Septim, dan masih banyak yang lainnya. Untuk mengetahui bentuk dan pola jari saat memainkan akord pada gitar, kami sematkan chordfinder dari widgetbox.com.

Adapun petunjuk penggunaannya adalah:
  1. Tanda "x" merupakan senar yang tidak perlu dimainkan;
  2. Tanda "0" merupakan senar lepas yang perlu dimainkan (tanpa ditekan menggunakan jari);
  3. Angka 1 - 2 - 3 - 4 - 5 dst. "tanpa lingkaran" merupakan petunjuk letak fingerboard;
  4. Angka 1 - 2 - 3 - 4 dengan lingkaran merupakan petunjuk penggunaan jari untuk menekan senar dengan ketentuan: "1" merupakan Jari Telunjuk, "2" merupakan Jari Tengah, "3" merupakan Jari Manis, dan "4" merupakan Jari Kelingking;
  5. Huruf "A", "B", "C", "D", "E", "F", dan "G" merupakan nada yang dihasilkan dari senar yang ditekan;
  6. Mohon maaf, pada kesempatan ini belum bisa kami sajikan bentuk dan pola Akord Kromatis, seperti "F#", "G#", "A#", "C#", dan "D#".
Silahkan mencoba widget di bawah ini:



Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

0 komentar:

Poskan Komentar