9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Bahan Styrofoam

Sanggar Model - Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang berfungsi sebagai pelindung diri dari cuaca (panas, dingin, hujan), hewan yang membahayakan, serta menjadi pelindung privasi diri dari konsumsi langsung oleh publik.

Pada umumnya, orang akan memperhitungkan nilai estetis (keindahan) dalam proses pembuatan rumah. Di sinilah peran dan fungsi seni dalam kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhan primer.

Pada pembelajaran di pertengahan bulan September 2012 kelas 8 E dan 8 Fullday 1 MTs Negeri Babakan (keduanya hari Jum`at) melaksanakan praktek membuatan miniatur rumah. Meski hanya duplikat bangunan rumah, namun proses pembuatannya memotifasi mereka dalam berkreasi dan berekspresi. Antusias mereka terlihat dari kerjasama kelompok dalam upaya menyediakan bahan – bahan, membuat desain, serta menyelesaikan karya.

Kombinasi Styrofoam, Stik Es Krim, Jerami, dan Papan Triplek (8FDS1)

Di akhir praktek, mereka mampu memenuhi target waktu untuk menyelesaikan karya selama hampir 6 jam pelajaran berserta pembuatan laporannya. Berikut ini kami posting suntingan tulisan Kelompok Lima yang beranggotakan: Dinar Leonica Dinda Sari (08), Fajar Inarotul Amani (10), Nabila Alkah (17), Siti Barirotun Khasanah (23).

Bahan Pembuatan Miniatur Rumah

1. Styrofoam

Styrofoam merupakan bahan utama pembuatan miniatur rumah yang akan dipotong sesuai dan bentuk bagian-bagiannya dan dirangkai kembali. Berbentuk lembaran dan umumnya berwarna putih serta mudah untuk dipotong sesuai bentuk yang diinginkan.

2. Lem styrofoam

Lem berfungsi sebagai perekat antara bagian-bagian pembentuk miniatur rumah. Jenis lem beragam dengan tingkat kecepatan kering dan daya rekat yang berbeda. Anda bisa memilih sesuai dengan budget maupun kebutuhan.

3. Pasir Pantai

Pasir pantai digunakan sebagai penghias alas pada bagian halaman maket atau miniatur rumah. Tidak wajib menggunakan pasir pantai sehingga bisa diganti dengan bahan lainnya sesuai imajinasi dan kreatifitass.

4. Batu Aquarium

Batu aquarium juga bersifat tambahan untuk menghias miniatur rumah. Jadi, tidak bersifat wajib dan dapat diganti menggunakan bahan-bahan lainnya.

5. Rumput Sintetis

Rumput sintetis berfungsi untuk memberikan kesan hidup dan alami serta penuh kesejukan. Jika tidak digunakan dalam waktu lama, bahan ini bisa dibanti dengan rumput atau tanaman kecil yang ada di alam.

6. Cat styrofoam

Berfungsi untuk mewarnai styrefoam atau bagian-bagian lain pada miniatur rumah. 

Alat Untuk Membuat Miniatur Rumah

  1. Cutter
  2. Penggaris
  3. Kuas
  4. Gunting

Cara Membuat Miniatur Rumah

  1. Buatlah sketa atau desain rumah terlebih dahulu;
  2. Ukur dan potong styrofoam untuk membuat bentuk bagian-bagian rumah sesuai dengan rencana atau desain yang ditetapkan.
  3. Siapkan Kurang lebih 60 x 50 cm untuk tempat peletakkan atau alas miniatur rumah.
  4. Tempelkan potongan bagian – bagian miniatur rumah menggunakan lem styrofoam.
  5. Setelah tertempel dan menjadi miniateur rumah, tempelkan miniatur rumah pada lembaran styrofoam. Lalu cat semua bagian miniatur rumah.
  6. Buatlah pohon – pohonan dan pagar dari sisa styrofoam, lalu warnai pohon dan pagar itu, serta tempel di bagian depan miniatur rumah.
  7. Tuangkan lem sedikit demi sedikit di bagian depan rumah (sesuai dengan jalan menuju pintu dan di depan pagar).
  8. Tempelkan beberapa Batu Aquarium di pinggir – pinggir sebagai batas jalan. Setelah itu taburi pasir pantai di jalur jalan dan biarkan mengering serta menempel.
  9. Hias menggunakan rumput – rumputan di sebelah batu Aquarium.

Semoga kerjasama sebagai nilai karakter budaya bangsa yang disisipkan dalam praktek pembuatan karya miniatur rumah tersebut bisa membangkitkan kembali semangat dan membentuk jiwa kooperatif (gotong – royong) mereka. Amien…

Untuk melihat koleksi foto proses pembuatannya, silahkan melihat di album facebook Sanggar MTs Negeri Babakan dengan klik di bawah ini:

Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

Posting Komentar