Cara Membuat Kerajinan Dari Batang Korek Api

Sanggar Model - Salah satu materi pokok pada pembelajaran Keterampilan kelas IX SMP/MTs adalah kerajinan dari bahan keras baik alami maupun buatan. Contoh bahan yang bisa digunakan adalah kayu yang memiliki karakteristik mudah untuk dibentuk.

Salah satu ide kreatif yang dapat kami explore untuk praktek pembelajaran Prakarya adalah membuat kerajinan tangan dari batang korek api dengan merubahnya menjadi karya menarik dan memiliki nilai estetika tinggi. Bahkan, jika intens didalami dan diproduksi dengan skala besar bisa berfungsi ergonomis dan menjadi media untuk menghasilkan income.

Mendesain dan membuat kerajinan dari korek api tidaklah sulit, namun membutuhkan ketekunan dan keuletan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bagi yang ingin mencobanya jangan khawatir, anak setingakat kelas 9 SMP/MTs saja bisa, apalagi Anda. Bahan dan alat-alatnya juga cukup murah serta mudah untuk didapatkan.

Bagi yang tertarik untuk membuatnya dan ingin mengoptimalkan ide kreatif menghasilkan karya seni kerajinan dari batang korek api, silahkan ikuti panduan berikut ini.

Bahan Membuat Kerajinan Dari Korek Api

  • Batang Korek Api (jumlah disesuaikan dengan ukuran dan desain kerajinan yang akan dibuat);
  • Lem kayu (merk dan jenisnya disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik kerajinan yang akan dibuat);
  • Kertas yang akan difungsikan sebagai media bantu membuat desain ataupun alas saat pembuatan karya kerajinan dari batang korek api.

Alat Membuat Kerajinan Dari Korek Api

  • Gunting/Cutter/Pemotong Kuku, fungsinya sebagai alat bantu memotong batang korek api agar sesuai dengan desain yang diinginkan;
  • Penggaris berfungsi untuk membuat desain agar objek yang dibuat bisa lurus dan simetris;
  • Pinzet (penjepit) yang digunakan untuk membantu saat menempelkan batang korek api pada bagian-bagian yang sulit).

Langkah-Langkah Membuat Kerajinan Dari Korek Api

Proses pembuatan kerajinan dari bahan batang korek api terdiri dari beberapa bagian, yaitu desain dan realisasinya. Berikut ini langkah-langkah pembuatan kerajinan dari batang korek api.

Bagian Pertama Membuat Desain Kerajinan Korek Api

Pada bagian ini sebenarnya tidak mutlak dilakukan jika karya yang akan dibuat bersifat sederhana. Kita bisa melewati tahapan ini dengan langsung melakukan uji coba pada batang korek apinya. Namun, jika karya yang dibuat bersifat detail dan rumit, maka perlu dibuat desain agar kita lebih terstruktur dalam membuatnya.

Desain yang dibuat bisa bervariasi, baik berupa mencontoh benda mati ataupun makhluk hidup. Pada praktek kami, kumpulan batang korek api tersebut disusun menjadi bentuk rumah / gubuk / ataupun pos ronda.

Bagian Kedua Menyusun Batang Korek Api menjadi bentuk Yang Diinginkan

  1. Membuat alas rumah berbentuk bidang persegi panjang dengan menempelkan satu per satu batang korek api secara horisontal;
  2. Jika lem yang digunakan agak lama kering dan merekatnya, maka sambil menunggu kering, silahkan membuat bagian lain seperti tiang;
  3. Bentuk tiang bisa dibuat dengan menempelkan empat batang korek api yang pemantiknya sudah dipotong sehingga saat menempelkannya bisa teratur dan rapi;
  4. Bentuk atap yang tersusun bisa dibuat dengan cara yang sama saat membuat alas rumah;
  5. Jika masing-masing bagian sudah terbentuk dan rekatan lemnya telah kuat, maka langkah selanjutnya adalah menggabungkan bagian-bagian tersebut menjadi satu;
  6. Tunggu hingga rekatan lemnya kering dan kuat hingga akhirnya proses finishing dengan merapikannya, memberi warna (jika berkehendak) serta memberikan beberapa aksesoris tambahan.
Mungkin tahapan ini akan berbeda jika kita membuat benda yang berbeda juga. Namun demikian, pada dasarnya model pembuatan kerajinan dari batang korek api sama dengan kerajinan lainnya, yaitu kreativitas dan ketekunan. Berikut ini dokumentasi proses pembuatan kerajinan dari bahan batang korek api kami:


Bagi yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan berkomentar atau mengirimkan sureal melalui email kepada admin. Selamat berkarya...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Kerajinan Dari Batang Korek Api"

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi dan bantu kami untuk menjadi lebih baik dengan komentar anda yang santun