Fase Pasca Pementasan Teater Modern

Sanggar Model - Banyak yang menyebut teater dengan kata lain drama. Mungkin hanya dalam sumber kata atau istilah saja yang membedakannya. Karna, antara teater dan drama tetap esensinya satu, yaitu permainan karakter dalam penokohan yang didukung dengan musik dan gerak.

Teater itu sendiri sudah mengalami beberapa perubahan yang sifatnya pengembangan sekaligus kolaburasi dari berbagai unsur. Dan di Indonesia, mungkin akan lebih menarik jika teater modern merupakan gabungan seni tradisi (tari dan musik) bersama dengan kontemporer. Semua itu merupakan bagian dari kreasi dan inovasi.

Setelah melalui tahap Pra Pementasan dan Pelaksanaan Pementasan, maka tiba saatnya melaksanakan bagian penutup yaitu Pasca Pementasan. Kegiatan pasca pementasan atau sesudah pementasan teater pada dasarnya merupakan bentuk evaluasi sekaligus refleksi terhadap sukses atau tidaknya pelaksanaan pementasan teater modern.


Evaluasi yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah evaluation, secara umum memiliki pengertian sebagai suatu proses untuk menyediakan informasi tentang sejauh mana suatu kegiatan tertentu telah dicapai, bagaimana perbedaan pencapaian itu dengan suatu standar tertentu untuk mengetahui apakah ada selisih di antara keduanya, serta bagaimana manfaat yang telah dikerjakan itu apabila dibandingkan dengan harapan-harapan yang ingin diperoleh. 

Berikut ini adalah Fase Paska Pementasan Teater Modern yang pada dasarnya merupakan bagian dari evaluasi:

Evaluasi Kerja Pasca Pementasan Teater Modern

Pada evaluasi kerja setelah mementaskan teater di evaluasi kerja tim tidak saling menyalahkan apabila ada kekurangan tetapi mencari solusi dan mencari jalan keluar agar dalam pementasan selanjutnya berjalan baik dan lancar.

Evaluasi Pementasan Teater Modern

Pada pementasan teater modern setelah akhir atau pertunjukan teater maka para pemain, tim produksi dan tim artistik berkumpul. Lalu diadakan evaluasi dari hasil pementasan tersebut apakah penonton sangat antusias dalam mengapresiasi dan menilai pertunjukan teater modern tersebut merasa puas. Lalu dicari adakah kekurangan atau kesalahan dalam pementasan tersebut. Jika ada kekurangan maka dianalisis sehingga di masa depan pementasan lebih baik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fase Pasca Pementasan Teater Modern"

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi dan bantu kami untuk menjadi lebih baik dengan komentar anda yang santun