Unsur-Unsur Lagu dan Musik Modern

Pada dasarnya lagu modern merupakan bentuk pengembangan musik yang dikombinasikan dengan perkembangan jaman, baik melalui teknologi maupun dasar pemikiran manusia. Dalam menyanyikan lagu modern harus memahami unsur-unsur musik sebagai berikut:
  1. Irama, merupakan alunan nada-nada yang konsisten dan berulang-ulang dengan suatu pola tertentu. Pola irama sebuah lagu atau musik ditunjukkan oleh bunyi-bunyi ritmis dalam sebuah lagu atau musik.
  2. Birama, dapat disebut juga pola irama yang dapat dikelompokkan berdasarkan ketukannya menjadi beberapa unit hitungan. Pengelompokan ketukan menjadi beberapa unit hitungan ini disebut birama. Birama diperoleh dari adanya ketukan yang bertekanan (tesis) dan ketukan yang tidak bertekanan (arsis). Ketukan yang bertekanan selalu jatuh pada ketukan pertama dalam birama.
  3. Harmoni, dapat diartikan sebagai hubungan antara nada satu dengan nada yang lain yang meliputi interval (jarak) dan akor. Akor adalah paduan beberapa nada yang dibunyikan serempak atau bersamaan.
  4. Akor, yang memiliki peran dan fungsi dalam iringan musik sebagai bentuk harmonisasi yang disusun berdasarkan trisuara atau triad chord dalam tangga nada mayor diatonis dengan kunci Do = C adalah sebagai berikut:
  • Akor pertama (I) atau C Mayor (C-E-G) disebut sebagai Tonika (Tonic).
  • Akor kedua (II) atau D Minor (D-F-A) disebut sebagai Super Tonika (Super Tonic).
  • Akor ketiga (III) atau E Minor (E-G-B) disebut sebagai Median (Mediant).
  • Akor keempat (IV) atau F Mayor (F-A-C) disebut sebagai Sub Dominan (Sub Dominant).
  • Akor kelima (V) atau G Mayor (G-B-D) disebut sebagai Dominan (Dominant).
  • Akor keenam (VI) atau A Minor (A-C-E) disebut sebagai Sub Median (Sub Mediant).
  • Akor ketujuh (VII) atau B Half Diminished (B-D-F) disebut sebagai Leading Tone.
Jika kita melihat pembagian akor berdasarkan peranan dan fungsinya, maka kita bisa melihat 3 macam jenis akor yang utama, yaitu: akor mayor, akor minor, dan akor half diminished. Tiga akor yang telah disebutkan inilah yang disebut sebagai akor pokok atau akor utama (primary chords). Jadi, yang termasuk akor pokok adalah Tonika, Sub Dominan, dan Dominan.

Jika anda tertarik untuk mempelajari akord, silahkan kunjungi postingan Sanggar Model yang lain di

Jenis-Jenis Akord

Perbedaan Akord gengan Kunci dalam Musik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unsur-Unsur Lagu dan Musik Modern"

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi dan bantu kami untuk menjadi lebih baik dengan komentar anda yang santun