Pengertian dan Jenis Musik Ansamble Lagu Modern

Pengertian Musik Ansamble

Permainan ansambel lagu modern pada hakikatnya adalah permainan bersama dari berbagai intrumen musik dalam bentuk kerja sama saat membawakan suatu lagu modern. Kata ansambel sendiri berasal dari Bahasa Prancis yang mempunyai arti rombongan musik. Sedangkan dalam kamus musik, ansambel mempunyai definisi kelompok kegiatan musik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ansambel merupakan pola bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik sejenis maupun bervariasi.

Jenis Musik Ansambel

Musik sendiri digunakan banyak orang saat sedang belajar karena dipercayai sebagai salah satu cara menghindari stres saat belajar. Musik ansambel terbagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu:
  1. Ansambel Sejenis, merupakan salah satu bentuk penyajian musik dengan menggunakan alat-alat sejenis. Contohnya: ansambel recorder, permainan beberapa alat musik gitar.
  2. Ansambel Campuran, dapat diartikan sebagai salah satu bentuk penyajian dengan menggunakan beberapa alat musik yang variatif. Contohnya: ansambel yang terdiri dari beberapa musisi dan memainkan alat musik yang berbeda (gitar, biola, keyboard, drum, dan lain-lain).

Musik ansambel lagu modern dikatakan berhasil apabila dari penyajian tersebut indah dan harmonis. Keberhasilan tersebut akan terwujud apabila memenuhi hal-hal berikut ini:
  • Pembagian alat-alat musik seimbang.
  • Tiap-tiap pemain tampil dalam memainkan alat musiknya secara disiplin, tertib, dalam memerhatikan partitur.
  • Kerja sama dalam bermain musik sangat diutamakan.
  • Balance (keseimbangan dalam pembagian alat musik yang dimaksud adalah keseimbangan dalam hasil suara yang dibunyikan dari pembagian alat musik tersebut).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Jenis Musik Ansamble Lagu Modern"

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi dan bantu kami untuk menjadi lebih baik dengan komentar anda yang santun