9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Pengertian dan Jenis Musik Ansamble Lagu Modern

Dalam dunia entertainment, kita sering melihat permainan musik modern yang dilakukan bersama-sama dalam bentuk band maupun orkestra dari yang paling sederhana hingga komplek. Permainan tersebut, dalam dunia musik biasanya dinamakan dengan Ansambel.

Selain musik modern, kita juga dapat melihat bentuk-bentuk permainan musik ansamble tradisional seperti gamelan,calung, angklung, dan lain sebagainya.

Pengertian Musik Ansamble

Ansambel lagu modern pada hakikatnya adalah permainan bersama dari berbagai intrumen musik dalam bentuk kerja sama saat membawakan suatu lagu modern. Kata ansambel sendiri berasal dari Bahasa Prancis yang mempunyai arti rombongan musik. Sedangkan dalam kamus musik, ansambel mempunyai definisi kelompok kegiatan musik.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ansambel merupakan pola bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik sejenis maupun bervariasi.

Jenis Musik Ansambel

Musik sendiri digunakan banyak orang saat sedang belajar karena dipercayai sebagai salah satu cara menghindari stres saat belajar. Musik ansambel terbagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu ansamble sejenis dan ansamble campuran.

1. Ansambel Sejenis

Ansambel Sejenis, merupakan salah satu bentuk penyajian musik dengan menggunakan alat-alat sejenis. Contohnya: ansambel recorder, permainan beberapa alat musik gitar.

2. Ansambel Campuran

Ansambel Campuran, dapat diartikan sebagai salah satu bentuk penyajian dengan menggunakan beberapa alat musik yang variatif. Contohnya: ansambel yang terdiri dari beberapa musisi dan memainkan alat musik yang berbeda (gitar, biola, keyboard, drum, dan lain-lain).

Kriteria Musik Ansambel

Musik ansambel lagu modern dikatakan berhasil apabila dari penyajian tersebut indah dan harmonis. Keberhasilan tersebut akan terwujud apabila memenuhi hal-hal berikut ini:

  • Pembagian alat-alat musik seimbang.
  • Tiap-tiap pemain tampil dalam memainkan alat musiknya secara disiplin, tertib, dalam memerhatikan partitur.
  • Kerja sama dalam bermain musik sangat diutamakan.
  • Balance (keseimbangan dalam pembagian alat musik yang dimaksud adalah keseimbangan dalam hasil suara yang dibunyikan dari pembagian alat musik tersebut).
Jadi, kesimpulannya Ansambel merupakan pola bermain musik yang dilakukan secara bersama-sama baik dengan instrumen sejenis maupun campuran.
Jika tertarik untuk mempelajari permainan musik ansambel, silahkan bisa mengunjungi Sanggar Musik Komukote untuk belajar lebih terstruktur dan sistematis. Dapatkan layanan terbaik dari kami untuk meningkatkan kualitas bermain musik Anda.
Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

Posting Komentar