Jenis Pameran Seni Rupa

Pameran seni rupa merupakan upaya bagi seniman untuk memperkenalkan karya seni rupa kepada khlayak atau masyarakat dengan tujuan untuk mendapatkan apresiasi. Tujuan tersebut dapat dicapai melalui komunikasi antara seniman dengan penikmat melalui karya seni rupa. Pada umumnya pelaksanaan Pameran Seni Rupa dapat dikategorikan dalam beberapa jenis. Masing-masing mempunyai pembagian yang disesuaikan dengan karakteristik dan spesifikasi bagian-bagiannya. Secara garis besar, pameran seni rupa dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

A. Pameran Berdasarkan Jenis Karya yang Dipamerkan

Bentuk pameran berdasarkan ragam karya yang dipamerkan adalah sebagai berikut:
  1. Pameran homogen, yaitu penyelenggaraan pameran dengan menampilkan karya seni dari salah satu cabang seni saja. Karya seni yang dipamerkan tersebut tidak tergantung dari jumlah peserta pameran atau pemilik karya. Contoh Pameran Seni Lukis, maka yang dipamerkan adalah karya seni lukis.
  2. Pameran heterogen, yaitu penyelenggaraan pameran yang yang diikuti atau di dalamnya menampilkan beberapa cabang seni rupa pada waktu dan tempat, serta peristiwa yang sama. Contoh, pameran campuran yang di dalamnya dipamerkan berbagai jenis karya seni rupa seperti lukisan, foto, gerabah, grafis, dll. Sama halnya dengan pameran homogen, dalam pelaksanaan pameran heterogen juga tidak terpengaruh dengan jumlah peserta pameran atau pemilik karya (seniman) 

B. Pemeran Berdasarkan Jumlah Peserta yang Mengikutinya

Bentuk pameran berdasarkan jumlah peserta atau jumlah seniman yang mengikuti pelaksanaan pameran, dibedakan sebagai berikut:
  1. Pameran tunggal, yaitu pelaksanaan pameran yang di dalamnya hanya menampilkan karya satu orang seniman saja.
  2. Pameran kelompok, yaitu pelaksanaan pameran yang didalamnya diikuti oleh beberapa seniman sebagai pesertanya dengan menampilkan karya-karyanya dalam satu tempat.

C. Pameran Berdasarkan Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Bentuk pameran berdasarkan tempat dan waktu pameran adalah sebagai berikut:
  1. Pameran permanen atau tetap Pameran permanen atau tetap adalah bentuk pameran yang tidak terikat oleh lamanya waktu. Permanen berarti tidak pernah tutup dan tidak terikat oleh waktu.
  2. Pameran rutin Pameran rutin adalah pameran yang selalu diadakan dalam waktu-waktu tertentu.
  3. Pameran insidental Pameran insidental adalah pameran yang diadakan dengan maksud dan tujuan tertentu yang tidak terikat oleh rutinitas pelaksanaannya.

0 komentar:

Post a Comment

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi dan bantu kami untuk menjadi lebih baik dengan komentar anda yang santun