Jenis dan Prosedur Pra Pementasan Teater Modern

Sanggar Model - Pementasan teater modern pada dasarnya merupakan cerita yang bahannya terinspirasi dari kejadian sehari-hari atau bisa juga mengaopsi karya sastra. Salah satu tahapan dalam Pementasan Teater Modern adalah persiapan yang dilakukan pada fase Pra Pementasan. Pada masa pra pementasan, teater modern terdiri atas persiapan pekerjaan produksi dan persiapan pekerjaan artistik. Berikut kami paparkan materi mengenai pra pementasan teater modern.

A. Persiapan Pekerjaan Produksi

Persiapan-persiapan yang dilakukan bagian produksi prapementasan adalah sebagai berikut:
  1. Pimpinan produksi, memastikan semua alur tugas berjalan dengan lancar sehingga pementasan sukses terlaksana.
  2. Sekretaris produksi, m endampingi pimpinan produksi karena tugasnya terkait langsung dengan surat menyurat baik itu untuk peminjaman ruang latihan, gedung pementasan, serta peralatan, dan perlengkapan pendukung pementasan lainnya.
  3. Bendahara produksi, memastikan dan bertanggung jawab terhadap neraca keuangan selama pementasan berjalan dengan lancar. Bendahara juga wajib menyiapkan laporan keuangan pementasan yang biasanya akan diberikan kepada para pemberi sponsor.
  4. Koordinator latihan, mengatur jadwal, memastikan pemain datang tepat waktu, serta menyiapkan keperfuan pendukung latihan lainnya.
  5. Koordinator publikasi, berupaya untuk menarik penonton dengan berbagai intrik dan cara agar pada saat pelaksanaan dilikuti oleh banyak audiens dan meriah.
  6. Koordinator dana dan usaha. Pementasan teater juga akan sulit berjalan apabila tidak ada dana pendukung. Saat ini mencari sponsor pementasan teater sangat sulit, kecuali bagi teater yang sudah memiliki tokoh terkenal dan nama besar. Jadi, butuh seorang koordinator dana dan usaha yang cakap untuk memastikan kelancaran persiapan pementasan teater.
  7. Koordinator perlengkapan, menyiapkan perlengkapan pendukung untuk pementasan teater.
  8. Koordinator dokumentasi Seorang pemain akan mencari-cari koordinator dokumentasi dalam 10 tahun mendatang setelah pementasan hanya untuk melihat momen ketika pemain beraksi di atas panggung. Jadi, tugas koordinator sangat penting dalam membuat dokumentasi
  9. Koordinator ticketing Tugasnya mengurus tiket, tidaklah mudah. Tugasnya antara lain berkoordinasi dengan pemilik gedung pertunjukan, memastikan tiket tercetak dengan balk sesuai jumlah kursi penonton, menjual tiket, mengatur posisi penonton, melaporkan hasil penjualan ke bendahara, serta melayani para penonton yang bertanya.
  10. Koordinator konsumsi Koordinator konsumsi sangat mulia karena menyangkut hidup para pemain dan kru guna menjamin mereka selalu sehat dan bertenaga.

B. Persiapan Pekerjaan Artistik

Persiapan yang dilakukan pekerjaan tim artistik, antara lain sebagai berikut:
  1. Penguasaan lakon Setiap seniman yang bergerak di bidang teater baik tersebut pengarang/penulis lakon, sutradara, pemain, dan seluruh staf produksi saat masa persiapan teater harus memahami dan menguasai dramaturgi. Dramaturgi adalah ilmu yang mempelajari tentang drama yang bertolak dari suatu lakon yang akan dipertunjukan di atas panggung. Lakon dalam istilah teater adalah sebuah hasil karya sastra yang berbentuk cerita khusus disusun untuk keperluan pementasan atau pertunjukan.
  2. Penguasaan peran Penguasaan dan penghayatan peran dalam sebuah drama bagi sebagian orang dianggap tidak mudah karena keluar dari kehidupan yang biasa dilakukan. Jika keluar dari kehidupan membuat aktor kurang menghayati dan penjiwaan peran yang dibawakan, maka peran tersebut akan terlihat tidak wajar atau terlihat kebohongannya. Di sini peran sutradara sangat diperlukan untuk mengarahkan aktor dalam penguasaan perannya.
  3. Penguasaan artistik Tim artistik pada saat persiapan pentas teater bertanggung jawab pada keseluruhan penampakan visual dan cara komunikasi visual dilakukan, membentuk mood tertentu, unsur-unsur kontras, dan daya tarik psikologis pada penonton. Penata artistik membuat keputusan mengenai elemen visual yang dipergunakan, gaya artistik yang dipakai, dan waktu gerakan yang digunakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis dan Prosedur Pra Pementasan Teater Modern"

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi dan bantu kami untuk menjadi lebih baik dengan komentar anda yang santun