9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Pelatihan Kurban Di MTs Negeri Babakan 2013

Salah satu ibadah yang bersifat wajib bagi kaum muslimin yang mampu secara finansial (keuangan) adalah melaksanakan "kurban". Ibaday yang secara hukum Islam tergolong sunah muakad (Sunah yang ditegaskan dan hampir wajib) Ibadah tersebut bisa dilakukan selama Empat hari terhitung setelah melaksanakan sholat sunah Idul Adha yaitu pada tanggal 10 hingga 13 Dzulhijah. Adapun hewan yang dikorbankan merupakan hewan yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat banyak, diantaranya: Kerbau, Sapi, Kuda, Domba, Onta, dll.

Berkaitan dengan kurban, MTs Negeri Model Babakan telah melaksanakan Latihan Penyembelihan Hewan Kurban yang dilakukan pada hari Rabu tanggal 16 Oktober 2013. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memotivasi warga MTs Negeri Babakan untuk melaksanaknnya secara mandiri dan menerapkannya pada kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Disaksikan Kepala MTs N Model Babakan, Bapak Wahidin, Staf TU, dan ratusan peserta didik MTs Negeri Babakan penyembelihan kurban berlangsung lancar diiringi suara takbir mengagungkan Asma Allah. Penyembilihan dilakakukan oleh Bapak H. Ahmadun pada Sapi Kurban yang diatasnamakan bagi Tujuh anak, yaitu:

  1. Balqis Millenia (Kelas IX FDS 2);
  2. M. Yoslidar (7 B);
  3. Titis Mularsih (7 F);
  4. M. Haidar Syauqi (8 FDS 1);
  5. Amrina Rosdiana (8 E);
  6. Ahmad Rizaldi (8 A);
  7. Anggun Lestari (9 E)

Hewan kurban lainnya adalah Dua ekor Kambing yang disembelih oleh Bapak Kasturi dan diatasnamakan bagi Ibu Siti Nursalimah (Guru Bahasa Indonesia) serta Ibu Hj. Heni Baroroh (Staf TU).

Setelah penyembelihan, kegiatan berikutnya adalah pemotongan daging yang kemudian dikemas dan didistribusikan pada sebagian Peserta Didik MTs Negeri Model Babakan, Guru dan Staf TU, serta lingkungan madrasah. Berikut ini kami tampilkan dokumentasi kegiatan Latihan Penyembelihan Hewan Kurban MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun 2013:

Penyembelihan Hewan Kurban DI MTs Negeri Model Babakan 2013
Guru dan OSIS MTs N Model Babakan Mengolah Daging Kurban

Semoga tujuan dari kegiatan Latihan Penyembelihan Kurban yang merupakan rangkaian Peringatan Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriyah bisa menambah semangat warga MTs Negeri Model Babakan untuk mengaplikasikan ibadah ini di lingkungan masyarakat masing-masing.

Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

2 komentar

  1. semoga pelatihan Kurbannya selalu terselenggara setiap tahunnya agar anak anak paham dan bis amenyembelih hewan kurban

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien...66X. Terima kasih atas doa dan motivasinya...

      Hapus
Jika artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi dan bantu kami untuk menjadi lebih baik dengan komentar anda yang santun