9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Jenis - Jenis Akord (Accord)

Akord merupakan bunyi harmonis dengan jenis beragam yang dihasilkan dari beberapa nada untuk mengiringi suatu lagu. Pengertian akord yang lain bisa anda dapatkan pada postingan Perbedaan Antara Akord (Accord) dengan Kunci dalam Musik atau pada postingan Mencari Bentuk Akord Gitar.

Akord dalam bahasa Inggris biasa disebut Chord atau lebih lengkap disebut dengan Accord. Sedangkan dalam istilah musik di Indonesia sering disebut dengan singkatan Kord. Adapun jenis - jenis akord yang biasa dimainkan adalah:

Jenis Akord Menurut Cara Memainkannya

Menurut cara memainkannya, akord dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu Broken Accord dan Harmonic Accord. Berikut penjelasannya:

1. Broken Accord 

Broken Accord disebut juga dengan akord Patah - Patah, yaitu akord yang dimainkan dengan cara membunyikan satu per satu nada pembentuknya. Akord ini hampir sama dengan teknik bermain Arpeggio dalam musik klasik.

2. Harmonic Accord

Harmonic Accord yaitu akord yang nada pembentuknya dimainkan secara bersamaan.

Jenis Akord Menurut Jumlah Nadanya

Dilihat dari jumlah nadanya, akord dibagi menjadi dua jenis, yaitu akord besar dan akord kecil. Berikut penjelasan mengenai dua akord tersebut:

1. Akord Kecil

Akord Kecil yaitu akord yang dihasilkan dengan cara memainkan Tiga nada yang membentuknya. Jadi, akord kecil dibentuk oleh maksimal tiga nada.

2. Akord Besar

Akord Besar, yaitu akord yang dihasilkan dengan cara memaikan Empat atau lebih dari nada pembentuknya. Jadi, akord besar dibentuk oleh lebih dari tiga nada.

Untuk informasi lebih jelas, bisa menanyakan melalui komentar atau mengirim pertanyaan melalui email: sriekoentjoro83@gmail.com.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai akord, silahkan bisa mengunjungi Sanggar Musik Komukote untuk belajar lebih terstruktur dan sistematis.

Nikmati layanan terbaik dari kami dalam meningkatkan kualitas bermusik Anda.

Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

Posting Komentar