9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Manasik Umroh Di MTs N Babakan

 
Manasik Umroh Di MTs N Babakan

Kelancaran suatu ibadah tidak hanya ditunjang dari kemampuan fisik maupun finansial si pelaku ibadah. Kebiasaan yang bersifat kontinuitas atau berkesinambungan yang dilakukan juga bisa berpengaruh terhadap kualitas ibadah. Oleh karena itu, kita perlu secara sistematik belajar secara terus menerus untuk menyempurnakan ibadah.

Seperti halnya ibadah Umroh dan Haji yang setiap muslim sangat mengharap bisa melaksanakannya. Meski banyak yang berhasil melalui kendala finansial, bukan berarti mereka juga secara otomatis bisa langsung melaksanakannya. Sebelum beribadah Haji maupun Umroh, mereka terlebih dahulu melakukan latihan mengenai tata cara, rukun, bahkan berusaha mengenal tempat yang akan disinggahi.

Pelaksanaan latihan ibadah biasanya dikenal dengan manasik. Kegiatannya berupa simulasi pelaksanaan ibadah yang meliputi proses awal hingga akhir dengan berurutan sesuai dengan rukunnya. Biasanya, simulasi juga melingkupi gambaran tentang suasana daerah yang menjadi tempat beribadah. Oleh karena itu, manasik dilakukan di tempat yang didesain menyerupai tempat ibadah aslinya.

Seperti terlihat pada gambar pembuka, beberapa orang berpakaian Ikhrom dan mengelilingi kotak berwarna hitam. Kegiatan tersebut merupakan Manasik Umroh yang diikuti Peserta Didik Kelas IX MTs N Babakan pada hari Senin tanggal 22 Oktober 2012. Kegiatan yang juga dilaksanakan tepat di bulan Dzulhijjah ini bertujuan mengenalkan peserta didik tentang kegiatan Umroh dan berupaya mewujudkan tujuan tercapainya pendidikan berkarakter keagamaan.

Manasik Haji yang dilakukan di lingkungan MTs N Babakan diantaranya Thawaf, seperti yang dilakukan di Masjidil Haram, dengan memutari Ka`bah sebanyak Tujuh kali disertai membaca doa yang berbeda pada tiap putarannya. Kemudian dilanjutkan dengan minum Air Zam-zam disertai dengan bacaan doa. Selain tiu, juga dilakukan Sa`i atau jalan cepat naik ke Bukit Shofa menuju ke Bukit Marwah sebanyak Tujuh kali yang juga disertai dengan membaca doa dan diakhiri di Marwah. Kegiatan Ikhrom itu kemudian diakhiri dengan Tahalul yaitu memotong sebagian rambut kepala.

Pelaksanaan simulasi ibadah Umroh MTs N Babakan didukung oleh banyak pihak baik Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Pendidik. Kerjasama yang baik tersebut menghasilkan even luar biasa yang mendapat apresiasi baik dari semua pihak. Semoga kegiatan Manasik Umroh MTs N Babakan bisa bermanfaat bagi semua. Amien...
Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

Posting Komentar