Sabtu, 27 Oktober 2012

Idul Korban Di MTs N Babakan Tahun 2012

Idul Korban Di MTs N Babakan

Setelah Manasik Umroh, kegiatan MTs N Babakan dibulan Dzulhijjah ini adalah penyembelihan hewan kurban. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 27 Oktober 2012 dengan melibatkan beberapa unsur pendukung baik internal maupun eksternal. Pihak yang menjadi unsur pendukung internalnya adalah Guru, Peserta Didik, dan Staf Tata Usaha (TU).
Peran guru dalam kegiatan ini diantaranya sebagai pembina atau pendamping bagi peserta didik. Bahkan, beberapa guru secara langsung terlibat menyembelih, menguliti, dan memotong hewan kurban. Seperti yang dilakukan oleh Bpk. H. Ahmadun (Guru mata pelajaran Akidah Ahlak) yang memotong Sapi dan Bpk. Kasturi (Guru mata pelajaran Fiqih) memotong kambing - kambing yang dijadikan korban. Kemudian, Bapak. Kunoyo (Guru Penjaskes), Bapak Ali Topik (Guru Matematika), dan Bapak Masruri (Guru IPA) menguliti hewan korban yang telah disembelih.

Di sisi lain, guru - guru, Staff TU serta  Peserta Didik (melalui OSIS) juga membantu proses pelaksanaan kurban baik menguliti, memotong, maupun mengemas daging dalam wadah. Di beberapa tempat juga terlihat aktifitas memasak yang dilakukan oleh Bapak dan Ibu guru, Staff TU, serta Peserta Didik mempersiapkan hidangan untuk makan bersama warga MTs N Babakan.

Adapun unsur pendukung yang bersifat eksternal dalam kegiatan ini adalah diikutsertakannya bebeberapa pihak luar untuk membantu mempercepat proses pelaksanaan kurban. Seperti para penjagal Sapi profesional yang bisa memotong dan membagi daging dengan cepat.

Menurut ketua panitia, Babak Imam Sophan (Guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam-SKI- sekaligus Pembina Keagamaan), kegiatan penyembelihan kurban ini merupakan upaya pembelajaran bagi semua warga MTs N Babakan untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas amal dan ibadahnya. Secara riil, tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan melatih warga MTs N Babakan mengenai proses ibadah kurban.

Kemudian ditambahkan oleh Ibu Hj. Umi Faridah (Guru SKI sekaligus Wakil Kepala Sekolah bidang Hubungan asyarakat) mewakili Bpk Kepala Madrasah, kegaiatan yang menjadi bagian dari sunnah rasul ini diharapkan bisa dilaksanakan lebih meningkat lagi pada periode berikutnya. Beliau mengungkapkan harapannya untuk tahun mendatang, bagi warga MTs N Babakan yang akan kurban, bisa menitipkan dan melaksanakan kurban di madrasah tsanawiyah ini sehingga bisa menambah jumlah hewan.

Pada periode tahun ajaran 2012 - 2013 jumlah hewan kurban di MTs N Babakan terdiri dari Empat Kambing dan Satu Sapi. Dua kambing diatasnamakan kepada Guru dan Staff (Ibu Masitoh dan Bpk. Nur Solichun), sedangkan yang lainnya diatasnamakan untuk Sembilan Peserta Didik.

Daging kurban kemudian didistribusikan kepada beberapa Guru, Peserta Didik, warga masyarakat sekitar MTs N Babakan, serta Panti asuhan Al Mukhlisin yang ada di Desa Lebakgowah Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.

Siang hari kegiatannya berubah menjadi makan siang bersama di ruang makan yang mencerminkan keakraban semua unsur MTs N Babakan. Kegiatan ini juga didokumentasikan oleh beberapa guru yang sejak awal hingga akhir berusaha mengambil gambar yang dilakukan oleh Bapak Roni Sulchan dan Bapak Andi Suwandi merekam video. Untuk melihat lebih lengkap dokumentasi berupa foto kegiatan pemotongan hewan kurban di MTs N Babakan, silahkan kunjungi Facebook album foto koleksi By-Rony Sulchan atau dengan klik di sini.


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

0 komentar:

Poskan Komentar