Senin, 01 Oktober 2012

Cara Membuat Bingkai Foto

Sebagian besar orang menyukai ketika dirinya diambil gambar atau dipotret (termasuk penulis, He...66X). Biasanya pada saat diambil gambar, secara tidak sadar, kita akan menampilkan sikap alami sebagai makhluk narsis. Terbukti dengan gaya-gaya keren yang dihasilkan dari jepretannya. Kalaupun bukan objek yang difoto, tukang foto (fotographernya)-nya bergaya.

Selesai ddifoto, tidak serta merta jiwa narsis itu hilang. Bahkan terkadang malah tambah parah jika hasil jepretannya bagus. Lihat saja, kita akan berupaya keras untuk menghias lebih bagus lagi dengan program pengedit gambar. Bahkan sering kita menghias kondisi yang hancur menjadi lebih hancur, eh salah... Menjadi lebih baik, agar tidak kelihatan kekurangannya.

Sudah sampai segitu saja narsis kita...? Ups... Belum. Kita akan mengupgrade kenarsisan kita dengan memajang foto hasil manipulasi dari utak-utik software di dinding atau di atas meja. Nah, kalau tadi yang bekerja tukang foto dan program pengedit foto, sekarang sanggarmodel.blogspot.com akan berpartisipasi mensukseskan program anda menjadi manusia narsis sejati (lebay, kaleee...).

Seperti judul di atas, tulisan ini akan membantu teman-teman menambah rasa bangga untuk berkarya membuat bingkai fotonya. Postingan ini merupakan hasil kenarsisan, eh salah... Hasil praktek siswi kelas Delapan (8)G MTs Negeri Babakan pada semester Gasal Tahun Ajaran 2012-2013. Pada praktek pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan ini, mereka menggunakan bahan dan metode yang bervariasi. Berikut ini hasil contoh hasil karyanya:
Bingkai Foto Karya Kelas 8 G MTs Negeri Babakan
Penasaran ingin tahu cara membuatnya...?
Berikut ini kami sajikan tulisan tentang cara pembuatan bingkai foto yang diedit dari tulisan salah satu siswi kelas 8G (Kirana).

A. Bahan-Banah yang Diperlukan
  • Bahan Utama:
  1. Kayu;
  2. Papan Triplek;
  3. Paku;
  4. Lem Kayu;
  5. Kaca atau Plastik Mika.
  • Bahan Tambahan untuk Penghias:
  1. Tali Kur;
  2. Kertas Kado;
  3. Korek Api;
  4. Lilin.
B. Alat-Alat yang Digunakan
  1. Palu;
  2. Gunting;
  3. Cutter (pemotong) seperti Silaet atau Pisau;
  4. Penggaris.
C. Langkah-Langkah Membuatnya
  1. Tentukan bentuk dan ukuran bingkai yang akan dibuat;
  2. Potong kayu yang akan dijadikan bingkai sesuai dengan ukuran dan kebutuhan bentuknya;
  3. Bentuk setiap sudut kayu dan rekatkan dengan paku;
  4. Setelah terbentuk, beri warna pada setiap sisi bingkai sesuai dengan selera;
  5. Jemur bingkai tersebut hingga kering dan tidak lengket catnya;
  6. Sambil menunggu kering, kita bisa membuat hiasan untuk ditempel atau dipasang pada bingkai dengan bahan Tali Kur, Kertas Kado, atau yang lainnya. Cara membuat hiasan akan dibahas pada postingan berikutnya.
  7. Setelah bingkai kering, tempelkan hiasan yang telah dibuat pada sisi atau dinding bingkai dengan rapi dan indah;
  8. Tempelkan kaca pelindung foto yang telah dibentuk sesuai dengan ukurannya;
  9. Buat penyekat foto menggunakan papan triplek sesuai ukuran dan kunci menggunakan paku yang ditancapkan setengah badan.
  10. Bingkai siap untuk memperindah foto.
Demikian postingan cara membuat foto versi kelas 8G MTs Negeri Babakan.

Untuk melihat galeri foto-foto prakteknya, silahkan berkunjung di album foto akun facebook Sanggar MTs Negeri Babakan dengan cara klik di sini.

Selamat mencoba...

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

2 komentar: