Minggu, 07 Oktober 2012

Bermain Piano (Electone) Online

Bermain Piano (Electone) Online

Piano merupakan alat musik yang terdiri dari bilah - bilah nada. Bilah - bilah nada itu bertingkat dan berurutan hingga membentuk deretan tangga nada diatonik. Deretan tangga nada diatonik biasa kita kenal dengan Solmisasi atau susunan nada Do - Re - Mi - Fa - Sol - La - Si - Do. Satu deretan tangga nada Diatonik (dari Do menuju Do satu tingkat dibawah atau di atasnya) disebut oktaf.

Alat musik piano mempunyai karakteristik sebagai berikut:
  1. Rentangan nada Piano, dari yang terendah hingga yang tertinggi, bisa mencapai Sembilan oktaf. Ini tidak dimiliki alat musik selain Piano. Karakteristik inilah yang menyebabkan Piano dijadikan dasar bagi musisi untuk belajar musik.
  2. Piano mampu memvisualisasikan nada - nada kromatis dengan jelas dan mudah dipahami. Nada Kromatis Bisa dilihat pada tuts yang berwarna Hitam.

Pada masa sekarang, alat musik Piano dikembangkan dalam bentuk beragam. Jenis yang populer dan praktis adalah bentuk elektrik. Namanya-pun beragam, seperti: Shyntysizer, Electone, Portatone, Keyboard (orang indonesia lebih familier dengan istilah Orgen). Keistimewaan jenis alat musik tersebut adalah mampu menirukan voice (jenis suara) alat musik manapun.

Di era yang canggih ini pula, alat musik tersebut bisa dimainkan tanpa harus berinteraksi langsung dengan bendanya. Kita bisa memainkannya melalui program virtual sebagai model simulasi. Seperti widget permainan Synth Piano yang kami dapatkan dari widgetbox.com, kita bisa memainkan nada - nadanya baik melalui cursor maupun keyboard komputer.
  1. Untuk memainkan menggunakan cursor, arahkan pada bagian yang akan dimainkan.
  2. Untuk memainkan dengan keyboard, terlebih dahulu arahkan cursor pada icon keyboard yang terletak di sebelah kanan (di atas papan nada). Nada - nada Piano bisa dimainkan dengan menekan huruf "Z" (Nada Do terendah atau Do rendah 2) berderet ke kanan hingga karakter "/" (nada mi rendah Satu). Huruf "A:" (Fa rendah Satu) berderet hingga "L" (Sol tengah) dan "Q" (nada La tengah) hingga "P" (Do tinggi 2).

Berikut ini tampilan Full Size Synth Piano:

Ups.....
Untuk memainkannya komputer anda harus terinstal flash player....
Jangan takut untuk mencoba permainan ini.....
Silahkan belajar sambil bermain.....

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

0 komentar:

Poskan Komentar