9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Tips Belajar

 TIPS BELAJAR

Belajar merupakan upaya melatih diri dengan mengerjakan hal - hal yang pernah dan/atau belum pernah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan. Mengulang hal - hal yang pernah dilakukan biasanya bertujuan untuk mendalami, memahami, dan mengingatkan kembali apa yang sudah dikuasai. Sedangkan mengerjakan hal - hal yang belum pernah dikerjakan biasanya bertujuan untuk menemukan metode atau cara baru untuk menghasilkan sesuatu yang baru pula.
Dalam proses mencapai tujuan belajar, ternyata kita selalu dihadapakan pada kendala - kendala yang menghambat dan menjauhkan kita dari arah sukses belajar. Oleh karena itu, Sanggar MTsN Model Babakan mempunyai beberapa trik belajar yang mungkin bermanfaat. Trik tersebut adalah:
1. Fokus dengan Niat untuk Belajar
Untuk memulai belajar memerlukan niat, tekad, dan semangat yang besar. Apalagi dalam kondisi jaman seperti sekarang ini yang banyak godaan, baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Jangan lupa, ucap "Bismillah" untuk memulainya. Kemudian, fokus pada materi yang dipelajari.
2. Menerapkan Skala Prioritas dan Bertahap
Terkadang kita dihadapkan pada tugas belajar dibanyak bidang dan materi pelajaran yang belum dikuasai. Untuk itu, kita harus pandai menentukan mana materi atau mata pelajaran yang harus dipelajari terlebih dahulu. Cara menentukannya dengan mempertimbangkan beberapa hal :
a. Tingkat kesulitan
Setiap materi mempunyai kapasitas dan tingkat kesulitan yang berbeda - beda. Penulis biasanya mendahulukan materi yang mudah untuk dipelajari terlebih dahulu. Sedangkan materi yang sulit, dipelajari sesuai dengan tahapannya dan tidak terburu - buru.
b. Tingkat kebutuhan
Bukan hanya berkaitan dengan prinsip ekonomi, skala prioritas ini perlu dilakukan untuk mensukseskan tujuan belajar dan mendapat hasil maksimal. Jika memang materi yang dipelajari akan digunakan dalam waktu dekat, maka materi tersebut bisa didahulukan untuk dipelajari. Hal ini tidak berarti menyisihkan materi yang lain, loh...
3. Tekun dan Pantang Menyerah
Jika dalam proses belajar mengalami kendala, jangan menyerah. Terus lakukan percobaan untuk menemukan jawaban menhilangkan rintangan. Gunakan metode "Trial and error", yaitu terus mencoba mencari solusi meski mengalami kesalahan. Kuatkan slogan "bangga bisa salah" dalam belajar... He...66X. InsyaAllah... Dari kesalahan itu, kita bisa belajar untuk lebih baik dan mendapat hasil yang membanggakan jika kita menemukan pemecahan.
4. Refreshing
Pada saat kita mulai merasakan bosan dan jenuh, kita bisa berhenti sejenak dari aktifitas belajar untuk melakukan hal - hal lain yang bisa menyegarkan kembali otak, tubuh, dan semangat. Refreshing bisa dilakukan dengan keluar dari tempat belajar untuk mendapatkan suasana baru atau bernyanyi. Setelah kondisi tubuh dan otak fresh kembali, himpun semangat untuk belajar.
5. Memanfaatkan Media Elektronik
Jika ada yang berkomentar internet itu tidak baik, tutup telinga dan hindari perdebatan. Lihat saja sisi baik dari internet. Kita bisa mendapatkan informasi mengenai apapun dengan mudah, termasuk bisa berkomunikasi dengan Sanggar MTsN Model Babakan melalui blog maupun jejaring sosial. He...66X. Kita bisa mencari tahu materi pembelajaran, contoh soal dan pembahasan (jangan coba - coba cari kunci jawaban, loh...). Bahkan kita bisa mendapatkan materi yang belum sempat disampaikan oleh guru (bisa jadi lebih pinter, dunk...).
6. Dilakukan bersamaan dengan aktivitas lain yang bisa menambah semangat belajar.
Selain refreshing, kita juga bisa membuat aktifitas belajar kita lebih semangat dengan melakukan aktifitas lain yang kita sukai. Contoh, kita bisa belajar sambil mendengarkan musik atau sambil menkonsumsi makanan ringan. Tapi jangan sambil ngerumpi...
7. Bekerjasama dengan Pihak Lain
Pernah belajar kelompok atau belajar bersama dengan teman - teman kalian? Gimana rasanya...? Seru, kan....? Ada keceriaan yang akan memupuk semangat melangkah bersama untuk maju. Berdiskusi dan berbagi tugas untuk mencapai tujuan bersama. Hmmm... (penulis kangen masa - masa yang lalu). Belajar bersama di sini juga bisa diartikan belajar di suatu lingkungan tertentu yang memang dirancang khusus untuk membantu menguasai materi. Contoh Bimbingan Belajar. Dengan menjadi peserta bimbingan belajar, berarti ada pihak lain yang siap membantu memberikan solusi atas kendala yang dihadapi dalam belajar. Terakhir, jika mengalami kesulitan belajar, jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada orang tua kalian. Merekalah yang selalu siap menemukan solusi segala permasalahan kita.
Demikian posting tentang tips belajardari teman belajar kalian. Semoga bermanfaat.....
Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

Posting Komentar