9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Karakteristik Jenis dan Fungsi Alat Musik Sasando

Sasando merupakan salah satu alat musik nusantara yang berasal dari Pulau Rote propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Nama pulau itu akhirnya disematkan ke dalam nama alat musik tersebut hingga lebih dikenal menjadi Sasando Rote.

A. Karakteristik Sasando Rote

  1. Termasuk jenis alat musik chordophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai atau senar;
  2. Dimainkan dengan cara dipetik;
  3. Selain melodi, Sasando juga bisa menghasilkan musik iringannya;
  4. Menggunakan daun Lontar melengkung berbentuk setengah bundar sebagai pengatur resonansi (getaran yang menimbulkan suara);

B. Jenis – Jenis Sasando

a. Sasando Rotan

Sasando jenis ini masih mempertahankan bentuk aslinya meski ada beberapa bagian yang dimodifikasi. Salah satu bagian yang dimodifikasi adalah tali senar atau dawainya. Dulu, talinya diambil dari cungkilan kulit Bambu. Kemudian cungkilan kulit itu direntangkan sejajar dengan potongan Bambu yang menjadi garis tengah bundaran daun Lontar. Rantangan tali itu diganjal dengan potongan kayu yang disebut ‘Senda’ dan di seting hingga mendapatkan nada yang diinginkan.

b. Sasando Elektrik

Sasando Elektrik merupakan variasi dari Sasando yang dikembangkan pada tahun 1980-an. Bentuk Sasando Elektrik hanya berupa potongan Bambu dan rentangan senar tanpa menggunakan bundaran daun Lontar.

c. Sasando Lipat

Sasando Lipat pada dasarnya masuk ke dalam kategori Sasando Lontar. Perbedaanya pada nilai praktisnya ketika di bawa. Sasando jenis ini Lebih banyak diminati oleh para pemain Sasando karena meskipun bentuknya praktis, namun tidak menghilangkan karakter suara.

C. Fungsi Sasando Sebagai Alat Musik Nusantara

1. Fungsi Terapi

Jika ditelusuri dari cerita sejarahnya, Sasando merupakan salah satu media penyembuhan penyakit Kusta yang konon pernah mewabah di Pulau Rote dan sekitarnya.

2. Fungsi Hiburan

Dentingan suara sasando yang harmonis dan menimbulkan kesan etnis bisa menjadi media hiburan untuk semua kalangan.

3. Media Upacara Adat

Di daerah lahir dan berkembangnya Sasando menjadi media untuk mengisi upacara adat seperti upacara pernikahan, upacara penyambutan tamu, dan upacara adat lainnya.

4. Fungsi Finansial

Bagi beberapa orang Sasando bisa menjadi media untuk mendapatkan uang dengan menjadi pengrajin yang memproduksinya atau mendapatkan balas jasa dari kemampuannya mengajar dan/atau menampilkan permainan alat musik tersebut.

5. Karakteristik Bangsa

Selain menjadi ciri khas daerah NTT, alat musik Sasando Rote juga menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Jika di mancanegara ada Gitar ataupun Harpha, salah satu kepulauan Nusantara mempunyai Sasando Rote yang bisa berfungsi sebagai alat musik melodis sekaligus alat musik harmonis.

Dari satu orang pemain Sasando bisa menghasilkan paduan nada yang lengkap berupa melodi dan iringannya. Saat ini, di Kupang ada Jeremias O Pah Master Sasando yang berjuang melestarikan alat musik tersebut dan mempromosikannya hingga ke mancanegara.

Jika mengikuti acara salah satu stasiun televisi yang bertitel "Indonesia Mencari bakat", tentu tidak asing lagi pada alat musik Sasando yang dimainkan oleh Bertho Pah. Namun, jika belum familiar dengan Sasando, silahkan lihat video contoh permainan Sasando yang membawakan lagu Amazing Grace+Ibu Pertiwi, Indonesia Pusaka, dan Ayo Mama berikut ini:

Sasando Rote



Bagaimana….? Masih meragukan kreatifitas nenek moyang kita?
Dukung budaya Indonesia menjadi budaya dunia yang mendunia….!
Demikian tulisan tentang Sasando Rote, mohon maaf karna masih banyak kekurangan.
Kunjungi juga tulisan tentang:
“Sejarah Sasando Rote” dengan cara klik di sini.
"Sasando Elektrik" dengan cara klik di sini.
Terima kasih…..
Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

Posting Komentar