9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Pengertian Vokal dan Jenis Jenis Suara

Setiap makhluk hidup pasti mampu menghasilkan suara baik itu secara langsung dari tubuh ataupun tidak langsung (melalui bantuan alat lain). Meski demikian, tidak semua suara dapat disebut sebagai vokal karena harus memenuhi beberapa kriteria tertentu.

Pada umumnya, istilah vokal ditujukan bagi suara manusia. Namun, untuk dapat disebut vokal, suara harus memenuhi persyaratan yang berkaitan dengan teknik dan tujuan digunakannya. Guna lebih jelas mempelajari vokal, ayo simak materi berikut ini.

A. Pengertian Vokal

Pengertian vokal menurut Kamus Bahasa Indonesia adalah bunyi bahasa yang dihasilkan dengan getaran pita suara dan tanpa penyempitan dalam saluran suara di atas anak tekak. Menurut penulis, pengertian vokal adalah suara yang dihasilkan oleh manusia (getaran pita suara) dengan bantuan proses pernafasan dan bertujuan untuk keindahan (estetis).

Tidak semua suara manusia bisa disebut vokal, contohnya mendengkur. Meskipun mendengkur merupakan suara yang dihasilkan manusia dan berkaitan erat dengan proses pernafasan, namun mendengkur bukan suara yang secara sadar keluar untuk tujuan keindahan. Dengan kata lain, vokal sudah pasti menjadi bagian dari suara, namun suara belum tentu masuk kriteria vokal.

B. Jenis Suara / Vokal Manusia

Setiap manusia mempunyai vokal yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh alat pembentuk suara manusia yang berbeda bentuk dan kemampuannya. Batas wilayah nada yang dapat dicapai (disuarakan) oleh seseorang disebut Ambitus suara. Menurut ambitusnya, jenis suara manusia dapat digolongkan menjadi: 

1. Suara Anak - Anak

Suara anak anak terdiri dari dua jenis:

  1. jenis suara tinggi dengan wilayah nada c’ – f”
  2. jenis suara rendah dengan wilayah nada a – d’’ 

2. Suara Orang Dewasa

  • Suara Wanita Dewasa, terdiri dari tiga jenis : 
  1. jenis suara tinggi (Sopran) dengan wilayah nada c’ – a’’ 
  2. jenis suara sedang (Mezzo Sopran) dengan wilayah nada a – f’’ 
  3. jenis suara rendah (Alto) dengan wilayah nada f – d’’ 
  • Suara Pria Dewasa, terdiri dari tiga jenis : 
  1. jenis suara tinggi (Tenor) dengan wilayah nada C – a‘ 
  2. jenis suara sedang (Baritone) dengan wilayah nada A – f’ 
  3. jenis suara rendah (Bass) dengan wilayah nada F – d’ 

Pada umumnya istilah vokal digunakan untuk menyebut suara yang dihasilkan oleh penyanyi. Sedangkan orang yang bernyanyi disebut dengan vokalis. Lagu – lagu yang dinyanyikan disebut dengan vokalia. Adapun jenis vokalia : 

  1. Acapela: nyanyian tanpa iringan musik 
  2. Unisono: nyanyian banyak orang dengan lagu bersuara satu 
  3. Koor: nyanyian oleh banyak orang dengan lebih dari satu suara 
  4. Solo: nyanyian oleh seseorang didalam paduan suara atau nyanyian Tunggal nyanyian yang dinyanyikan dari awal sampai akhir lagu sendirian

Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

5 komentar

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi dan bantu kami untuk menjadi lebih baik dengan komentar anda yang santun