9aV5VOmNvWTJvyQUeBRmSjKEbRhrgwIEmSiBS4MZ

Jenis Alat Musik

Dilihat dari masa atau periodenya, secara garis besar, alat musik atau instrumen musik dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu tradisional dan modern. Namun, secara spesifik, jenis alat musik dapat dikategorikan dalam beberapa kelompok, diantaranya:

1. Jenis Alat Musik Menurut Sumber Bunyinya

Menurut sumber bunyinya, instrumen musik terdiri dari:

1. Alat Musik Aerophone

Alat musik aerophonr yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tekanan udara. Contohnya: Recorder, Trumpet, Suling, Pianika, Saxophone, Klarinet, dll.

2. Alat Musik Idiophone

Alat musik idiophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari badan alat musik itu sendiri. Contohnya: Angklung, Calung, Belira, Gong, Triangle, Simbal, Kentongan, dll.

3. Alat Musik Membranophone

Alat musik membranophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari lapisan atau selaput tipis. Contohnya: Kendhan, Bedug, Tifa, Bass Drum, Snar Drum, dll.

4. Alat Musik Chordophone

Alat musik chordophone merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai atau senar atau string. Pada konteks ini biasanya banyak yang menyalah arikan chordophone dengan pengertian alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik.

Jenis Alat Musik Tradisional

Padahal menurut penulis pengertian tersebut kurang tepa. Sebab, ada beberapa alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai dimainkan dengan cara di gesek. Contohnya: Gitar, Harpha, Ukulele, Boila, Rebab, Kecapi, dll.

5. Alat Musik Elektrophone

Alat Musik Elektrophone merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari arus listrik. Contohnya: Gitar Elektrik, Portatone, Electone, Keyboard, Syinthysizer, dll.

2. Jenis Alat Musik Menurut Fungsinya

Jenis Alat Musik Menurut Fungsinya, dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

1. Alat Musik Melodis

Alat musik melodis yaitu alat musik yang berfungsi untuk menghasilkan nada tunggal atau melodi utama. Misalnya: Recorder, Biola, Rebab, Belira, Marching Bell, dll.

2. Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis, merupakan alat musik yang berfungsi sebagai pengiring (dapat membentuk akord). Contohnya: Gitar, Ukulele, Piano, dll.

3. Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis merupakan alat musik yang berfungsi sebagai pengatur dan penjaga ketukan dalam musik. Contohnya: Drum, Kendang, Gong, Simbal, Triangle, dll.

Jenis Alat Musik Menurut Cara Memainkannya

Menurut cara memainkannya, alat musik terdiri dari:
  1. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Contohnya: Gitar, Harpha, Kecapi, Sitar, dll.
  2. Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Contohnya: Recorder, Suling, Saxophone, Trompet, Trombone, Klarinet, dll.
  3. Alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Contohnya: Rebab dan Biola.
  4. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Contohnya: Drum, Simbal, Triangle, Gong, Marching Bell, Calung, Angklung, Kolintang, dll.
Berikut ini tampilan slide Jenis Alat Musik nusantara yang dibuat menggunakan Power Point:

Demikian bahasan mengenai jenis alat musik. Semoga bermanfaat...
Related Posts
Sri Kuncoro SP
Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

Posting Komentar