Selasa, 17 April 2012

Jenis Alat Musik

Jenis alat musik (atau biasa disebut dengan instrumen musik) dapat dikategorikan dalam beberapa kelompok, diantaranya:
  • Jenis Alat Musik Menurut Sumber Bunyinya, terdiri dari:
  1. Alat Musik Aerophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tekanan udara. Contohnya: Recorder, Trumpet, Suling, Pianika, Saxophone, Klarinet, dll.
  2. Alat Musik Idiophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari badan alat musik itu sendiri. Contohnya: Angklung, Calung, Belira, Gong, Triangle, Simbal, Kentongan, dll.
  3. Alat Musik Membranophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari lapisan atau selaput tipis. Contohnya: Kendhan, Bedug, Tifa, Bass Drum, Snar Drum, dll.
  4. Alat Musik Chordophone, merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai atau senar atau string. Pada konteks ini biasanya banyak yang menyalah arikan chordophone dengan pengertian alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Padahal menurut penulis pengertian tersebut kurang tepa. Sebab, ada beberapa alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai dimainkan dengan cara di gesek. Contohnya: Gitar, Harpha, Ukulele, Boila, Rebab, Kecapi, dll.
  5. Alat Musik Elektrophone, merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari arus listrik. Contohnya: Gitar Elektrik, Portatone, Electone, Keyboard, Syinthysizer, dll.
  • Jenis Alat Musik Menurut Fungsinya, dapat dibedakan sebagai berikut:
  1. Alat Musik Melodis, yaitu alat musik yang berfungsi untuk menghasilkan nada tunggal atau melodi utama. Misalnya: Recorder, Biola, Rebab, Belira, Marching Bell, dll.
  2. Alat Musik Harmonis, merupakan alat musik yang berfungsi sebagai pengiring (dapat membentuk akord). Contohnya: Gitar, Ukulele, Piano, dll.
  3. Alat Musik Ritmis, merupakan alat musik yang berfungsi sebagai pengatur dan penjaga ketukan dalam musik. Contohnya: Drum, Kendang, Gong, Simbal, Triangle, dll.
  • Jenis Alat Musik Menurut Cara Memainkannya, terdiri dari:
  1. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Contohnya: Gitar, Harpha, Kecapi, Sitar, dll.
  2. Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Contohnya: Recorder, Suling, Saxophone, Trompet, Trombone, Klarinet, dll.
  3. Alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Contohnya: Rebab dan Biola.
  4. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Contohnya: Drum, Simbal, Triangle, Gong, Marching Bell, Calung, Angklung, Kolintang, dll.
Berikut ini tampilan slide Jenis Alat Musik nusantara yang dibuat menggunakan Power Point:


Untuk mengunduhnya, silahkan klik di sini.
Demikian bahasan mengenai jenis alat musik. Semoga bermanfaat...

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

0 komentar:

Poskan Komentar